300 Warga di Kota Ini Memiliki Umur 100 Tahun

Hidayatullah.com–Kota Acciaroli terkenal sebagai salah lokasi pesisir pantai paling i300 Warga di Kota Ini Memiliki Umur 100 Tahunndah di selatan Italia. Dari populasi 2000 penduduk di Acciaroli, menarik perhatian para ilmuwan San Diego School of Medicine karena 300 warganya memiliki usia mencapai 100 tahun.

Selain  para penduduknya dikenal panjang umur, rahasia lain yang dikenal dari penduduk kota ini karena memiliki jumlah penderita penyakit jantung dan Alzheimer yang rendah.

“Tujuan dari studi jangka panjang ini untuk mengetahui mengapa ratusan orang ini hidup begitu lama. Lewat analisis genetik dan mengamati perilaku gaya hidup seperti pola makan dan olahraga,” tutur profesor kedokteran kardiovaskular dari San Diego School of Medicine Amerika Serikat, Alan Maisel, dikutip laman Independent, Jumat (01/04/2016)

Hasil penelitian tersebut, tambah Maisel, akan diaplikasi dalam proses medis di San Diego dan setiap pasien di seluruh dunia.

Studi turut melibatkan tes sampel darah dan tinjauan umum itu diselenggarakan dengan kerjasama University of Rome La Sapienza.

“Proyek ini tidak hanya mampu membongkar rahasia panjang umur dan hidup sehat, malah bakal menciptakan hubungan baik dengan para peneliti di seluruh dunia dan meningkatkan mutu perawatan kesehatan,” ujar profesor medis Dr Salvatore DiSomma.

Yang menarik, penduduk Acciaroli rata-rata mengadopsi kebiasaan makan Mediterania yang terdiri dari ikan, minyak zaitun, dan herbal rosemary. Rosemary adalah salah satu jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk sekaligus dapat dijadikan herbal dan bumbu makan. Tanaman ini dikenal menebar aroma wangi.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa beberapa senyawa dalam asam carnosic – yang hadir dalam rosemary – membantu meningkatkan memori. Asam carnosic juga dapat meningkatkan kesehatan mata dan menangkis sumber radikal bebas.

Penelitian lain menunjukkan rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan melawan tumor.

Warga kota ini juga diklaim telah mengilhami jurnalis Amerika Serikat Ernest Hemingway menulis novel The Old Man and the Sea (Lelaki Tua dan Laut) yang juga diyakini hidup lebih lama akibat tradisi  hiking (salah satu kegiatan melakukan aktivitas berjalan kaki) yang mereka lakukan.*

Rep: Panji Islam

Editor: Cholis Akbar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s