Juru Bicara Jabhah Nusrah Gugur !!!

KIBLAT.NET, Idlib – Kabar dukhttps://i2.wp.com/www.kiblat.net/files/2016/04/abu-firas.jpga kembali menghampiri gerakan jihad Suriah, Jabhah Nusrah (JN). Komandan penting sekaligus juru bicara cabang Al-Qaidah itu, Abu Firas As-Suri, terbunuh oleh serangan udara di wilayah Idlib. Anaknya dan sejumlah pejuang lainnya juga dikabarkan gugur akibat serangan pada Ahad (03/04) itu.

Kabar meninggalnya komandan penting JN itu dikonfirmasi sejumlah media, di antara Al-Jazeera dan Orient News, dari sumber-sumber mereka di lapangan. Sementara mereka belum bisa memastikan jet yang melakukan serangan tersebut akan tetapi dugaan kuat mengarah ke jet tempur milik koalisi AS.

Portal berita yang fokus menyorot revolusi Suriah, all4syria.info, melaporkan serangan itu terjadi di desa Kafr Jalis di barat laut Idlib.

Al-Jazeera melansir dari sejumlah aktivis yang dikenal dekat dengan JN menunjukkan bahwa serangan itu diluncurkan dari pesawat tanpa awak, yang diyakini milik koalisi AS. Menurut all4syria.info, banyak pesawat lalu lalang di atas wilayah itu dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, masih simpang siur mengenai jumlah pengawalnya yang turut terbunuh dalam serangan tersebut. Kantor berita Al-Jazeera menyebut delapan, Orient News menyebut tujuh dan BBC menyebut 15 pengawal.

Lembaga pengawas HAM Suriah mengonfirmasi bahwa seluruh korban bukan hanya anggota JN, namun di antara mereka anggota faksi Islam lainnya yang berafiliasi dengan JN. Bahkan, di antara mereka dikabarkan ada pejuang dari luar suriah.

Abu Firas merupakan kunyah dari nama aslinya, Ridwan Namus. Pejuang kelahiran Madaya, pedesaan Damaskus ini, telah melalang buana dalam dunia jihad, sebelum akhirnya pulang ke negaranya.

Sebelum terjun ke dunia jihad, ia adalah seorang anggota tentara nasional Suriah. Tepatnya tahun delapan puluhan ia menyatakan membelot dan berangkat ke Pakistan kemudian Afghanistan dan terakhir Yaman. Dia berkabung dalam organisasi Al-Qaidah.

Setelah revolusi Suriah meletus, ia pulang dan mendirikan Jabhah Nusrah. Ia ditunjuk anggota Dewan Syariat dan kemudian ditunjuk juru bicara menggantikan komandan sebelumnya yang gugur.

Reporter: Hunef Ibrahim
Editor: Sulhi El-Izzi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s