Seorang Bocah di Semarang Hanyut di Selokan Saat Hujan

Semarang – Seorang bocah berusia 7 tahun hanyut di selokan setelah bermain dengan rekan-rekannya. Korban bernama Danang itu saat ini masih dalam pencarian tim SAR.

Peristiwa terjadi di Krajan RT 05 RW 03, Mojosongo, Jebres, Surakarta tidak jauh dari rumah korban sekira pukul 15.00 WIB. Saat itu korban dan 6 temannya sedang bermain di selokan, sedangkan kondisi cuaca hujan.

Menurut kesaksian teman korban, Tinus (8) kepada personel Basarnas Pos SAR Surakarta, mereka bermain air di selokan yang arusnya tidak deras. Mereka kemudian menyudahi permainan. Namun saat itu korban yang naik terakhir tiba-tiba dihempas arus kencang yang mendadak datang.

Teman-teman korban terkejut melihat peristiwa itu, sedangkan korban dengan sekuat tenaga berusaha menggapai dahan pohon yang menjulur ke selokan. Sayangnya, dahan tersebut tidak cukup kuat menahan arus yang menerjang korban.

“Kami hanya bisa teriak-teriak tapi tak mampu menolong” kata personel Basarnas Pos SAR Surakarta, Slamet Wijayana menirukan cerita Tinus, Senin (22/2/2016).

Tim SAR yang memperoleh laporan tersebut langsung berusaha melakukan pencarian bahkan sampai malam hari. Dengan menggunakan pencahayaan lampu sorot, tim SAR melakukan penyisiran di sungai.

“Kita pencarian di sekitar selokan sampai ke muara di Kalianyar. Kemudian kita lanjutkan pencarian dengan penyisiran di Kalianyar,” tandasnya.

Arus deras yang mendadak terjadi akibat curah hujan tinggi sudah menelan sejumlah korban jiwa dalam satu bulan ini di Jawa Tengah. Basarnas juga sudah menghimbau agar mengurangi aktivitas air di sekitar sungai.

“Mungkin di bagian hilir tidak turun hujan, namun karena bagian hulu sungai turun hujan, maka arus akan menjadi besar ke arah hilir, hal inilah yang harus diwaspadai,” imbau kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s